Pengikut


Jumaat, 4 November 2011

..mandi..jgn lupe ek..



Islam adalah agama mulia. Kemuliaan Islam terpancar dari berbagai aspek dan dimensi. Ajarannya begitu komperhensif baik urusan kenegaraan sampai kebersihan. Islam mengajarkan ummatnya untuk senantiasa bersuci ketika hendak melakukan peri-badatan. Islam juga mengajarkan untuk selalu hidup bersih dan sehat baik jasmani maupun rohani. Salah satu anjuran dalam menjaga kesehatan adalah dengan melaksanakan mandi.
Mandi tak hanya berfungsi membersihkan dan menyegarkan tubuh namun sudah menjadi kebutuhan manusia yang bermanfaat banyak bagi kesehatan fisik dan psikologi.

Menurut seorang pakar perawatan tubuh, mandi menggunakan air hangat atau air dingin akan memberikan akibat berbeda. Bila air hangat akan membuat rileks, air dingin justru membangkitkan semangat. Artinya, sebelum memulai
kegiatan sepanjang hari maka lebih dianjurkan untuk mandi dengan air dingin. Sedangkan mandi air hangat lebih tepat dilakukan untuk mandi sore atau malam hari menjelang istirahat.
Berikut ini beberapa manfaat berkaitan dengan mandi:

1.  Mengeluarkan racun
Mandi air hangat bersuhu  32-35 darjah Celsius akan dapat membuka pori-pori dan membantu mengeluarkan toksin. Ini juga membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu mandi yang dianjurkan adalah selama 10-20 minit.

2.  Menghilangkan Stress
Mandi air dingin ternyata dapat menghilangkan stress karena meredakan ketegangan. Temperatur air yang dianjurkan 12-18 darjah celcius. Hal ini kebalikan dari air hangat, karena akan mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh sebab itu untuk penderita diabetes tidak digalakkan untuk mandi air dingin.


3.  Eksema
Untuk penderita penyakit kulit seperti eksema, ruam, dan gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam bak mandi. Berdasarkan penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik. Caranya pertama-tama isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 minit.



4.  Infeksi
Infeksi seperti sariawan dapat diterapi dengan menambahkan pada air hangat tiga atau empat senduk cuka dari sari buah epal dan berendamlah selama 15-20 minit. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kerana cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.

5.  Flu dan Sakit Kepala
Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala dapat dilakukan dengan merendam kaki dalam air hangat. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa titis minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 minit.


6.  Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, seseorang yang sering mandi pagi dengan air dingin, peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar bugar.
Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

7.  Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih
Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit kerana daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.


8.  Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi
Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan risiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan kerana mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

9.  Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan
Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan ghairah seksual pun akan semakin meningkat.


10. Mandi pagi memperbaiki kesihatan jaringan tubuh
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.
Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sihat, kuat dan tidak mudah retak.


 kucing lagi tau mandi tau!! heee

Itulah diatas beberapa manfaat dari mandi. Semoga dengan dihurainya nilai-nilai positif yang terdapat dalam mandi akan menambah wawasan kita dan juga boleh menjadi terapi bagi diri kita untuk menjaga kesihatan tubuh.
Semoga AllAh swt senantiasa memberikan kebaikan kepada kita. Amin.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan